cover
Contact Name
Mohammad Syahidul Haq
Contact Email
mohammadhaq@unesa.ac.id
Phone
+6285649799995
Journal Mail Official
dinamikamp@unesa.ac.id
Editorial Address
Jl. Fip Unesa Lidah Wetan
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
ISSN : -     EISSN : 25407880     DOI : 10.2674/jdmp.v4n1.p1-10
Core Subject : Education,
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational Organization.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018" : 10 Documents clear
Pengaruh Motivasi Kerja Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar se-Kecamatan Takari Kabupaten Kupang Imenuel Benu
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v2n2.p82-93

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru dalam pembelajaran, 2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam pembelajaran dan 3) pengaruh motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di sekolah dasar se-Kecamatan Takari Kabupaten Kupang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar di Kecamatan Takari Kabupaten Kupang sebanyak 332 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendapat Arikunto yakni mengambil 25% dari jumlah populasi karena jumlah subyeknya lebih dari 100.  Sampel  dalam  penelitian  ini sebanyak  83 guru. Teknik pengumpulan data melalui angket untuk variabel motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah, sedangkan dokumentasi dan observasi untuk variabel kinerja guru dalam pembelajaran. Uji validitas instrumen menggunakan bantuan SPSS 16, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbachs Alpha. Data dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial.Hasil penelitian persamaan regresi sederhana menunjukan: 1) motivasi kerja guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 46,1%, 2) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 42,7%. Dari hasil persamaan regresi berganda menunjukan: motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 50,8%. Dari hasil penelitian yang ditemukan, maka disarankan kepada kepala sekolah dasar se-Kecamatan Takari Kabupaten Kupang agar dapat meningkatkan motivasi kerja guru melalui pelaksanaan fungsi kepemimpinan yang efektif guna meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran.Kata Kunci: Motivasi Kerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. ABSTRACTThis research seeks to find out: 1) the influence of teachers work motivation on teachers performance in learning, 2) the influence of principal leadership on teachers performance in learning, and 3) the influence of teachers work motivation and principal leadership together on teachers performance in learning in elementary school of Takari Sub-district, Kupang District.This research used correlation quantitative approach. The research population is 332 teachers of elementarys school at Takari Sub-district, Kupang District. While the sample technique took 25% of population total because the amount of reseach subject is more than 100, as stated by Arikunto. The amount of sample in this reseach is 83 teachers. Then data was collected by quitionarre for teachers work motivation and principal leadership variable, while documentation and observation were used for variable of teachers performance in learning. The instrument validity test used SPSS 16, while the reability test used Cronbachs Alpha. The data analysis used inferential statistic.Results of the present research of simple regression equation point out that: 1) teacher work motivation has significant effect on teacher performance in learning with 46, 1% in total, 2) principal leadership has significant effect to teacher performance in learning equal to 42, 7%. Rooted from the results, both teacher work motivation and principal leadership bring a significant effect to teacher performance in learning by 50.8%. Based on the reseach found, the suggestion is, then, made for improvement, that is, the principal of elementary school of Takari Sub-district, Kupang District  have to be able to improve teachers job motivation through the implementation of effective leadership function to improve teachers performance in learning.Key words: Teachers Work Motivation, Principal Leadership, and Teachers Performance in Learning
Manajemen Sarana Prasarana Dikjaskes Dan Pemanfaatannya Di SMA Negeri 1 Kefamenanu Hendrikus Asalnaije
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v2n2.p94-102

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana adalah semua komponen yang secara langsung maupun tak langsung untuk jalannya proses pendidikan untuk mencapai tujuan dalam pendidikan itu sendiri.. Pemanfaatan sarana dan prasarana merupakan bagian dari strategi pengajaran, maka dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai guru dapat menggunakan strategi yang tepat terkait dengan tujuan-tujuan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai: (1) perencanaan sarana dan prasarana; (2) pengadaan sarana dan prasarana; (3) pemeliharaan sarana dan prasarana; (4) inventarisasi sarana dan prasarana; (5) penghapusan sarana dan prasarana. Sekaligus untuk mengetahui pemanfaatan sarana prasarana Dikjaskes. Penelitian manajemen sarana prasarana dan pemanfaatannya di SMA Negeri 1 Kefamenanu merupakan penelitian ini mengacu pada pendekatan kualitatif,Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, bendahara, dan guru (penanggung jawab sarana prasarana). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi dokumen. Uji keabsahan data dengan trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perencanaan sarana prasarana di SMA Negeri 1 Kefamenanu terbagi atas 2 bagian yaitu Rapat koordinasi dan penentuan kebutuhan yang mana dilakukan setiap tahun pada awal semester (2) Pengadaan sarana prasarana dilakukan dengan cara mensurvei harga barang dan melakukan pengadaan yang mana kesemuaannya di tulis pada KIP B. (3) Pemeliharaan sarana prasarana biasanya diberikan langsung kepada guru dikjaskes untuk mengatur sarana dan prasarana. (4) Inventarisasi sarana dan prasarana  biasanya dilakukan seara berkala yang ditulis pada kartu kuning dan dilaporkan pada dinas setempat. (5) Penghapusan sarana prasarana di SMa Negeri 1  Kefamenanu biasanya tidak dilakukan hal ini dikarenakan proses yang dilakukan sangat berbelit sehingga barang yang rusak dibuang ataupun disimpan. Pemanfaatan sarana prasarana yang dilakukan terbagi atas 2 bagian yaitu (1) Melakukan proses pembelajaran (2) Melakukan modifikasi pembelajaran 
Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Sembilan Tahun (Studi Kasus di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep) Amir Chalis Andriyansyah
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v2n2.p103-115

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan  kualitas sumber daya manusia (SDM). Pendidikan juga merupakan salah satu modal dasar sekaligus menjadi kunci keberhasilan pembangunan di suatu daerah. Penelitin ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebijakan pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep; (2) menjelaskan proses implementasi kebijakan pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep; dan (3) mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) studi pustaka/ literatur dan dokumentasi; (2) wawancara; dan (3) observasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya yang digunakan adalah: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) kredibilitas; (2) transperabilitas; (3) dependabilitas; dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian mendeskripsikan kebijakan pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Sumenep telah berjalan cukup baik, dimana pihaknya sudah sangat perhatian terhadap permasalahan pendidikan. Meski demikian, dalam implementasinya di lapangan  masih  menemui kendala, salah satunya masih kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pendidikan, terutama di daerah pedesaan.
Upaya Meningkatkan Kepercayaan Pada Organisasi Melalui Perbaikan Perilaku Pemimpin dan Keadilan Organisasi Yuyun Elizabeth Patras; Rais Hidayat
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v2n2.p165-174

Abstract

Organizational trust is essential so that members of the organization can continue to contribute to the progress of the organization. The purpose of this research is to find out how far the variables of leadership behavior and organizational justice on improving organizational trust. The research method used is associative quantitative causal method, and the testing hypothesis research using path analysis technique. The population in this study is 707 permanent lecturers who have the National Lecturer Number (NIDN). The sample is 130 respondents. The instrument test was conducted to 30 respondents outside the sample. The findings of this research indicate that the higher the leadership behavior in directing subordinates, providing support to subordinates; increase member participation in achieving organizational goals, and rewarding the achievers, the higher the trust in the organization. Other findings show that the higher the organization's justice the higher the trust in the organization.
Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ani Nofianti
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v2n2.p120-129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu kegiatan ekstrakurikuler (X1), motivasi belajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk sebanyak 281 siswa dengan sampel sebanyak 165 siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan bentuk kausal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda karena penelitian ini mengguanakan dua atau lebih variabel independen, analisis Uji T untuk menjawab hipotesis satu dan dua serta Uji F untuk menjawab hipotesis ketiga. Data di analisis menggunakan program SPSS 21.0. Berdasarkan hasil analisis data pada uji T variabel kegiatan ekstrakurikuler secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 0,021, serta variabel motivasi belajar secara parsial berpengaruh terhadap variabel kinerja guru sebesar 0,010. pada uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 5,493. Nilai signifikan variabel kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang diperoleh adalah sebesar 0,005. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Adapun besarnya pengaruh motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja guru yaitu sebesar 6,4%
Manajemen Program Disiplin Keamanan (DISKAM) Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Peserta Didik Febri Dwi Anggraeni
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v2n2.p130-141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang 1) Perencanaan program diskam dalam menumbuhkan karakter peserta didik; 2) Pelaksanaan program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin peserta didik; dan 3) evaluasi program diskam dalam menunmbuhkan karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan membercheck. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian terkait manajemen program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin di SMP Negeri 2 Taman menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan program diskam meliputi penentuan tujuan yang akan dicapai dimasa yang akan datang dengan menggunakan beberapa tahapan dalam pembentukan program diskam, dan menganalisis bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembentukan program diskam; 2) Pelaksanaan program diskam yakni pembentukan kepengurusan anggota diskam. Kegiatan selanjutnya adalah proses pembinaan yang dilaksanakan ketika tahapan selesksi anggota diskam dengan pembentukan karakter peserta didik. Cara kerja diskam dibagi menjadi beberapa tugas pokok dan pos masing-masing yang dilaksanakan oleh anggota diskam sesuai dengan jadwal piket yang telah ditentukan; 3) Tingkat ketercapaian program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin peserta didik yakni 80%-85%. Pengawasan anggota diskam secara administratif dilakukan setiap semester, namun secara tidak langsung pengawasan
Implementasi Program Sekolah Rujukan Melalui Kegiatan Membatik Dalam Perspektif Sekolah Efektif Ida Ayu Permatasari
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v2n2.p142-164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Perencanaan program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik dalam perspektif sekolah efektif; (2) Implementasi program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik dalam perspektif sekolah efektif; (3) Dampak program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Perencanaan yang meliputi penunjukan sekolah untuk menjadi sekolah rujukan, perumusan program unggulan sekolah rujukan yang akan diimbaskan ke sekolah lain, dan pengorganisasian dalam pembentukan panitia program sekolah rujukan yang melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Panitia bertugas untuk menunjuk sekolah yang akan menjadi sekolah imbas/binaan dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat anggaran dari pemerintah dan dana dampingan dari sekolah untuk kebutuhan alat dan bahan kegiatan membatik. (2) Implementasi program meliputi sistem pembinaan yang dilaksanakan setiap hari Jumat-Sabtu dengan intensitas 10 kali pertemuan sebelum kegiatan pameran dilakukan. Pelaksanaan kegiatan membatik dilakukan setiap 2-3 bulan sekali. Tempat pelaksanaan membatik di Mushola K.H Ahmad Dahlan. Jumlah peserta tiap sekolah yaitu 5-10 siswa dengan 2 guru pendamping. Pemberian materi tentang membatik juga diberikan sebelum praktik dilapangan guna mengurangi resiko kesalahan. (3) Dampak dari program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik yaitu untuk sekolah rujukan dapat mengangkat nama baik sekolah dan memotivasi sekolah imbas agar memiliki program serupa. Dampak lain yaitu prestasi yang didapatkan melalui pagelaran pameran-pameran membatik yang telah diadakan di berbagai tempat
Evaluasi Kebijakan Kurikulum Pesantren Ali Shodiqin
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v2n2.p116-119

Abstract

Kurikulum merupakan sebuah acuan pendidikan yang berisi rumusan tujuan, bahan ajar kegiatan belajar mengajar, jadwal dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kebijakan sekolah di MI Thoriqul Huda Desa Juwet yang memperpadukan kurikulum pesantren dan kurikulum akademik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangaluasi dan diskusi teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kebijakan kurikulum pesantren di MI Thoriqul Huda sudah berjalan dengan baik dan lancar, tujuan yang diharapkan adalah peserta didik mampu dan mengerti dengan berbagai kitab yang diajarkan dalam kurikulum pesatren untuk menyiapkan dijenjang yang lebih tinggi
Front Matter (Cover, Editorial Board, Table of Content) ainur rifqi
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Back Matter (Biography, Author Guideline) ainur rifqi
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10